Selasa, 23 Agustus 2011

SISPALA " Cintai lingkungan dari sekarang !! "

Logo SISPALA dibuat oleh Jumran Saing
Siswa SMAN 4 Kendari ternyata tidak hanya bisa berprestasi tapi juga cinta lingkungan. hal ini hasil inisiatif siswa sendiri dengan membentuk sebuah ordibasis dengan tema lingkungan ..
SISPALA atau Siswa Pecinta Alam yaitu sebuah ordibasis pengembangan karakter khususnya di bidang lingkungan.
SISPALA dibawahi langsung oleh sekbid 5.1


Sejarah
Menurut informasi .. Sispala SMAN 4 Kendari berdiri pada tahun 2000 tepatnya 2 februari. pertama kali didirikan oleh OSIS untuk menampung aspirasi anak ips yang ingin turut untuk berorganisasi. Sispala terbentuk atas kerjasama dengan MAHACALA ( Mahasiswa Pecinta Alam ). Sispala SMAN 4 Kendari bernama Sispala Eucchalyptus. menurut informasi tambahan nama Eucchalyptus sudah ada sejak tahun 2004 sebagai nama tambahan yang diambil dari nama tumbuhan untuk pembeda di setiap Sispala di masing - masing sekolah.
kenapa di namakan Eucchalyptus ? karena gambaran pohon eucchalyptus yang selalu tumbuh tinggi dan kokoh, batangnya yang kuat, daunnya yang halus, serta akar nya yang mudah menjalas menembus tanah yang keras bahkan batu..
Hal itu menggambarkan SISPALA SMAN 4 KENDARI seperti pohon Eucchalyptus
Sispala SMAN 4 Kendari sempat mengalami pasang surut, pada tahun 2000 - 2004 diklat Sispala diadakan di hutan Moramo dengan metode yang benar - benar alamiah. Tidak ada Listrik, Kompor, Piring dan lain - lain. mereka benar - benar merasakan hidup di alam.
pada tahun 2005 - 2006 Sispala berhasil melaksanakan penanaman pohon di sepanjang jalan Kendari Beach
dan SISPALA juga sempat vakum pada angkatan 2007 - 2008 dan aktif kembali pada angkatan 2008 - 2009 meskipun tidak ada diklat pada waktu itu.
angkatan 2009 - 2010 menjadi angkatan Sispala yang cukup berhasil ( menurut guru - guru dan siswa yang terlibat ) lambang Sispala yang awalnya sama dengan lambang Mahacala sepakat untuk diganti dengan desain Jumran Saing ( angkatan 2008 ) yang menjabat sebagai ketua Sispala 2009-2010. dan dengan dana terbatas kembali mengadakan diklat dengan tempat yang berbeda dari tahun - tahun sebelumnya. yaitu desa sawapudo kec. soropia. tempat ini cukup bersahabat, selain penduduknya yang ramah, tempatnya juga sangat strategis karena terdapat dermaga, tebing, goa dan hutan. pas sekali untuk mengenalkan siswa kepada alam dengan berbagai medan menarik bagi para siswa. para peserta dimanjakan dengan aktivitas mencintai alam seperti mengajarkan cara menjaga lingkungan sekolah, jenis - jenis sampah, daur ulang pupuk, pengenalan apotik hidup dan beberapa kali menelurusi goa, manjat tebing, survival, bivak dll.

Aktivitas 
Sispala mengadakan pertemuan 2 kali dalam sebulan, dan rapat - rapat mendadak yang diadakan pulang sekolah untuk membahas sesuatu. kegiatan Sispala fokus ke masalah lingkungan seperti :
1. Pengenalan apotik hidup
2. Pengenalan jenis - jenis sampah
3. Penilaian kebersihan kelas
4. Mengadakan lomba keindahan kelas
5. Pembuatan pupuk kompos dll.

Ada juga kegiatan lain seperti :
1. Hiking Vikto
2. Kunjungan ke Mapala unit kampus
3. Latihan Sispala
4. Merayakan hari bumi sedunia dll.

Formatur Inti 
Sispala dibawahi langsung oleh sekbid 5.1 yaitu Muhammad Sawir kelas RSBI XII IS 1
Ketua Sispala adalah Anggarda kelas RSBI XI.IA 6

Kontak
Facebook : http://www.facebook.com/?ref=home#!/groups/185225248178269/

Galleri

SISPALA 2009-2010

ARHIE

2 komentar:

  1. Astaga . . .
    Kok fotonya cuman ini kak ?? anggota lainnya mana ??
    -__-

    ~kecewa~

    BalasHapus
  2. kalu ada foto angkatannya kalian silahkan di share ke fbnya .. nanti saya uploadkan ..

    BalasHapus