Profil OSIS SMA 4 KENDARI Masa Bakti 2021 - 2022 Get now!
Postingan

MOS SMAN 4 KENDARI SEBAGAI AJANG PERKENALAN DAN PEMBENTUKKAN KEPRIBADIAN SERTA KARAKTER SISWA BARU




     Mos Masa Orientasi Sekolah (MOS) meupakan sebuah kegiatan yang tidak pernah terlewatkan tiap kali tahun ajaran baru dimulai, kegiatan ini umum dilaksanakan di sekolah guna menyambut kedatangan siswa baru. MOS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MOS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah. Biasanya MOS identik dengan dandanan aneh para junior mulai dari menggunakan tas karung, hiasan jilbab yang beraneka ragam, sampai model ikat rambut yang di sesuaikan dengan hari MOS ataupun umur peserta mos.
     Namun tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya SMA Negri 4 kendari mengadakan MOS yang bersifat positif yang bertujuan sebagai ajang pendidikan karakter.
     Sebelum MOS terlebih dahulu di adakan PRAMOS selama dua hari mulai dari tanggal 4-5 Juli 2014 yang di mana hari pertama PRAMOS di manfaatkan sebagai ajang perkenalan siswa pada lingkungan fisik sekolah yang baru mereka masuki, dan hari kedua digunakan sebagai hari bersih-bersh yang dimana seluruh calon siswa baru membawa sapu dan alat membersihkan lainnya selanjutnya mereka dikerahkan untuk membersihkan lingkungan sekolah selain itu mereka juga diberi pemahaman tentang pemilahan sampah Organik dan Anorganik mereka juga di perkenalkan dengan Adiwiata yang bukan lagi menjadi hal baru di SMA 4 Kendari. Walaupun tahun ini MOS bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan itu tidak mempengaruhi semangat para siswa baru dalam mengikuti seluruh kegiatan yang telah disiapkan oleh panitia.
     MOS di mulai dari tanggal 7-12 Juni 2014 selama 1 minggu calon siswa baru di ajarkan mengenai seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya, Menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, PBB dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal, serta memperkenalkan 28 Ordibasis yang ada di SMA Negri 4 Kendari.
     Pada hari terakhir MOS di tutup dengan di adakannya upacara penutupan yang berlangsung secara hikmat yang turut di hadiri oleh bapak Kepala Sekolah SMA Negri 4 Kendari Drs. Tenggarudin, M.Pd serta di bacakan juara gugus terbaik yang di raih oleh gugus 10 dan pemilihan King dan queen MOS. Panitia berharap agar para siswa siswi baru dapat mengambil poin pon positif yang mereka dapatkan selama MOS dan mengamalkannya ketika masuk sekolah nanti.

FOTO-FOTO MOS 2014
upacara MOS SMA Negri 4 kendari


hari ke-2 PraMOS di manfaatkan sebagai ajang cinta lingkungan

kegiatan para peserta MOS didalam ruangan

para peserta MOS diberi pemahaman tentang PBB




 pemberian materi PBB



upacara penutupan MOS 2014
 

Zn


Posting Komentar