Profil OSIS SMA 4 KENDARI Masa Bakti 2021 - 2022 Get now!
Postingan

PESANTREN KILAT SMAN 4 KENDARI



      Ramadhan adalah bulan mulia yang memberikan kesempatan kepada kita untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Pesantren kilat sebagai sebuah alternatif pendidikan islami untuk membagun karakter yang lebih baik bagi para siswa. Melalui peski peserta memperoleh pembelajaran keagamaan sehingga mendapat pengalaman berharga seperti meningkatkan kepedulian sosial dan melatih rasa kebersamaan.
      Tema pesantren kilat tahun ini adalah “Ramadhan momentum perubahan diri menuju terwujudnya generasi berkualitas yang berkarakter islami”. Adapun tujuan diadakan kegiatan sesuai dengan temanya yaitu mewujudkan generasi berkualitas yang berkarakter islami.
      Kegiatan peski ini diadakan pada tanggal 21 juni pembukaan – 27 juni 2015 penutupan. Hari pertama peski merupakan pembukaan yang bertempat di lapangan SMAN 4 KENDARI dan untuk selanjutnya setelah pembukaan dilaksanakan didalam aula, masjid , dan dalam kelas.
      Kegiatan tersebut dilaksanakan selama kurang lebih dari 1 minggu secara bergiliran. Hari pertama tanggal 21 juni 2015 pembukaan, 22 – 23 juni 2015 peski yang dilaksanakan kelas XII.
tanggal 24 – 25 juni 2015 peski yang dilaksanakan kelas XI.
tanggal 26 -27 juni 2015 peski yang dilaksanakan kelas X, sekaligus hari penutupan peski.
      Pesantren kilat ini melibatkan seluruh siswa SMAN 4 KENDARI dari kelas X, XI, XII, guru-guru sebagai pembimbing. Kepala sekolah, guru-guru, ketua OSIS dan panitia berperan sebagai penanggung jawab kegiatan tersebut.

·         Kegiatan-kegiatan yang diadakan :
pada hari pertama pembukaan oleh seluruh siswa dan para guru
·         Gelombang I ada kegiatan tadarus didalam kelas dan ada penilaian mengaji oleh guru agama islam, sedangkan gelombang II didalam aula menerima makna dari para penceramah yang memberi tentang pemahaman islami yang lebih bermanfaat bagi para siswa, gelombang ini diadakan karena jumlah siswa yang melebihi kapasitas aula sekolah kami. Sehingga setiap melakukan peski kami selalu membagi 2 gelombang

  • ·         Sholat berjamaah pada waktu dzuhur
  • ·         Hafalan surah-surah pendek
  • ·         Beberapa permainan game
  • ·         Bukber pesantren kilat sekaligus penutupan peski.


      Kegiatan ini berlangsung kebanyakan lancarnya tapi ada beberapa masalah yaitu kehadiran kelas XII sangat sedikit, menurut pak guru itu menjadi tradisi di setiap tahunnya dan menjadi masalah rumit para panitia peski setiap tahun nya.dengan adanya hukuman hukuman tahun ini yang insyaallah akan membuat tradisi kelas XII menjadi tertuntaskan bahkan tidak ada lagi satupun kelas XII yang tidak hadir di peski.
      Ketupat peski tahun ini adalah muhammad nur dari kelas XII MIA OLIM.kesannya adalah walaupun panitia hanya di berikan kesempatan melakukan peski selama 7 hari, akan tetapi dalam 7 hari itu banyak yang saya dapatkan.Misalnya bisa membuat para peserta menjadi lancar mengaji dan melalui para penceramah para siswa mendapatkan ilmu yang bisa mereka terapkan di sekolah maupun di rumah.banyak sekali pelajaran dari peski tersebut sehingga bisa menjadi 7 hari yang bekerja bagi mereka.
      Pesannya semoga kegiatan peski tahun depan tambah lancar lagi,semakin banyak yang hadir dan rajin menghadiri peski dan baik sehingga lebih banyak pelajaran dan manfaat yang bisa kita semua dapatkan pada kegiatan peski selanjutnya.





1 komentar

  1. Unknown
    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.