Profil OSIS SMA 4 KENDARI Masa Bakti 2021 - 2022 Get now!

[Karya Siswa] Cerpen - Sekolah Baruku


Sekolah Baruku
(Karya : salah satu anggota frasa)

Aku berjalan pelan menyusuri jalan sekolahku baruku. Jalan yang nantinya akan menjadi jalan penentu masa depanku. Berat sebenarnya kaki-kaki ku melangkah dilingkungan yang baru ini. Lingkungan baru berarti teman baru, masalah baru, dan hal baru lainnya yang tentu saja menunggu untuk ku hadapi.

Tidak nyaman. Dua kata yang sangat tepat untuk menjelaskan situasiku saat ini. Banyak orang yang terus memandangku baik pandangan meneliti ataupun pandangan biasa saja. Hatiku semakin gelisah ketika tidak ada seorangpun yang aku kenal terlihat pagi ini, hanya segelintir orang yang belum pernah kulihat sebelumnya.

Bel segera dibunyikan. Hatiku semakin mencetus namun tetap kulangkah kakiku menuju kumpulan orang yang tengah berbaris rapi menunggu aba-aba selanjutnya. “Pokoknya aku harus diam. Tidak usah berbuat sesuatu yang mengundang perhatian” bisikku memantapkan niatku. Awalnya kami dikelompokkan menjadi 2 kelompok besar, yakni kelompok putra dan kelompok putri. Aku sendiri berdiri paling belakang dan diam mendengarkan arahan dari calon kakak kelasku nanti, mereka memperkenalkan diri dan jabatannya di sekolah ini. Setelah acara perkenalan berakhir, acara dilanjutkan dengan pembagian gugus untuk peserta didik baru. Badanku kembali menegang, mulutku komat-kamit merapalkan do’a agar ada seseorang yang ku kenal di gugusku nanti. Nama peserta didik disebut satu persatu sesuai gugus, namun tak kunjung Aku mendengarkan namaku terpanggil. Diam-diam Aku mengabsen nama orang yang kukenal dan sialnya teman terkahir yang ku kenal berada di gugus 8. Aliran darahku mengalir semakin cepat memacu adrenalin yang kian memuncak. Kekhawatiranku seketika sirna ketika namaku dipanggil menjadi peserta didik baru di gugus 14. Aku segera mengikuti arahan kakak gugusku.

Kami dikumpukan kedalam sebuah ruang kelas namun sebelum itu kakak gugusku memperkenalkan ulang diri merekea satu persatu. Kakak gugus terdiri dari seorang perempuan dan dua orang laki-laki. Kaka gugus yang akan menjaga dan mendampingi kami selama 3 hari kedepan dalam rangkaian kegaitan pengenalan lingkungan sekolah peserta didik baru tahun ajaran 2018-2019 yang sesuai dengan Permendikbud Bo.18 tahun 2016 yakni pengalihan nama dari masa orientasi siswa menjadi pengenalan lingkungan sekolah.

Selama seharian penuh kami dan kakak gugus kami bercerita mengenai pengalaamn kami masing-masing. Perasaanku sedikit membaik setelah mengetahui bahwa apa yang menjadi beban pikiranku tidak menjadi kenyataan. Ternyata teman-teman dan kakak gugusku memiliki kepribadian yang sangat baik dan ramah kepadaku tidak speerti khayalanku bahwa kakak gugusku akan memarahi dan membentak Aku. Setelah kegiatan pendekatan tadi berakhir kami akhirnya pulang kerumah masing-masing.

Posting Komentar