Profil OSIS SMA 4 KENDARI Masa Bakti 2021 - 2022 Get now!
Postingan

EARTH HOUR

Earth Hour merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memperjuangkan kehidupan bumi beserta isinya agar kehidupan makhluk didalamnya dapat berlangsung dengan baik tanpa gangguan dari luar bumi.
Sudah menjadi rahasia umum bahwa bumi sekarang sudah berada pada zona yang memprihatinkan. Hal ini terjadi akibat faktor alam dan tak jarang disebabkan oleh kerakahan manusia yang berdampak kembali kepada manusia itu sendiri beserta makhluk lainnya.
51% listrik di Indonesia masih menggunakan batu bara yang berasal dari fosil-fosil jasad-jasad krenik ribuan bahkan ratusan tahun yang lalu. Tetapi, sangat disayangkan bahwa batu bara ini merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Untuk itu salah satu bentuk mengurangi penggunaan batu bara dengan meenghemat listrik.
Event Earth Hour ini sebagai sarana pengingat kita bahwa alam ini diciptakan agar manusia dapat menjalani aktivitasnya dengan baik dan lancar tanpa kendala apapun.
SMAN 4 Kendari juga tak luput dari pelaksanaan kegiatan ini. Di SMAN 4 Kendari sendiri, Earth Hour dilaksanakan pada tanggal 2-3 Mei 2015 yang bertemakan “1 jam tanpa listrik menyelamatkan 1 jam hidup Bumi”. Diikuti sekitar 70-75 orang siswa SMAN 4 Kendari dengan waktu pelaksanaannya 1 malam.  Kegiatan ini betujuan untuk menghemat listrik serta melindungi bumi kita agar tetap lestari.
Pada pelaksanaannya terdapat beberapa persiapan khusus menjelang Earth Hour diselenggarakan, seperti lilin dan perlengkapan lain serta kegiatan-kegiatan yang sudah dirancang 1  minggu sebelum hari-H agar bisa berjalan dengan baik dan lancar.
Terdapat beberapa kendala yang terjadi saat persiapan ini antara lain kurang solidnya para panitia dan kendala cuaca yang mengakibatkan waktu pelaksanaan kegiatan diundur sekitar 10 menit.

Walaupun terjadi beberapa kendala dalam pelaksanaan Earth Hour ini, tapi selaku Ketua Panitia berharap semoga kegiatan Earth Hour ke depannya bisa menjadi lebih baik dan bisa meneruskan kegiatan seperti ini lagi sehingga kegiatan-kegiatan yang dilenggarakan SMAN 4 Kendari menjadi bermanfaat siswa-siswi SMAN 4 Kendari.


Posting Komentar