Profil OSIS SMA 4 KENDARI Masa Bakti 2021 - 2022 Get now!
Postingan

Kantin Sehat




          Masih banyak sekali makanan dan minuman yang dijual dikantin sekolah yang kurang sehat di konsumsi. Keadaan kantin sekolah terjaga kebersihannya membuat para siswa menjadi resah dan khawatir tentang makanan. Kantin adalah suatu ruangan atau bangunan yang berada di sekolah dimana menyediakan makanan sehat untuk para siswa. Oleh karena itu SMAN 4 Kendari sudah mulai menerapkan kantin sehat untuk para Siswa-Siswi.
          Kantin sehat ini mulai diterapkan sejak pergantian jabatan antara OSIS 2013/2014 dengan OSIS 2014/2015, kantin sehat termasuk dalam program kerja sekbid  7.2 dan program sekolah. Kantin sehat ini diterapkan pada lingkungan sekolah. Tapi, tergantung dari Siswa-Siswi SMAN 4 Kendari, apakah mereka mau menerapkan kantin sehat diluar sekolah atau tidak. Tapi, sebaiknya kantin sehat diterapkan oleh Siswa, Guru, dan Seluruh warga SMAN 4 Kendari.
          Tujuan diterapkan kantin sehat ini yaitu agar Siswa-Siswi SMAN 4 Kendari lebih sehat, terhindar dari jajanan berbahaya dan dapat membedakan yang mana makanan-makanan sehat, bergizi, dan makanan yang layak dikonsumsi.
          Dengan adanya kantin sehat ini diharapkan para Siswa-Siswi SMAN 4 Kendari dan seluruh warga SMAN 4 ikut terlibat, baik Guru-guru, maupun kepala sekolah.
          Makanan-makanan yan termasuk dalam kantin sehat ini misalnya makanan yang tidak ada bahan pewarnanya, atau zat-zat kimia seperti boraks dan formalin. Makanan yang sehat yaitu memiliki gizi yang tinggi agar Siswa-Siswi SMAN 4 Kendari tetap sehat walau dilingkungan sekolah.
          Pengecekan makanan-makanan dikantin sehat dilakukan setiap 1x per 2 bulan, yang mengawasi langsung masalah makanan sehat ini adalah anggota dari ordebasis TKP (Tim Kesehatan Pangan) SMAN 4 Kendari dan dibantu juga oleh guru-guru dan para Siswa-Siswi sendiri.
          Dengan adanya kantin sehat ini para Siswa SMAN 4 Kendari dilarang membeli jajanan diluar sekolah, misalnya seperti siomay-siomay yang ada dipinggir jalan depan gerbang sekolah karena ditakutkan mengandung zat-zat yang berbahaya dan dapat merusak tubuh.
          Yang bertanggung jawab atas kantin sehat ini adalah Kepala Sekolah SMAN 4 Kendari, Guru kesiswaan, serta para Siswa-Siswi SMAN 4 Kendari.­
Idfi Muqtadir Sakti Sebagai sekbid 7.2 memiliki pesan tentang Kantin sehat ini, pesan ini untuk seluruh warga sekolah terutama pada para Siswa-Siswi SMAN 4 Kendari semoga dengan adanya kantin sehat ini seluruh warga sekolah bisa terjaga makanannya, dan juga dia berharap agar para Siswa tidak membeli jajanan diluar sekolah karena kita tidak tau kandungan apa yang ada dimakanan-makanan itu jangan sampai ada zat-zat yang berbahaya yang bisa merusak kesehatan tubuh kita.




IDFI MUQTADIR SAKTI
SEKBID 7.2 (TKP DAN BANK SAMPAH)

1 komentar

  1. Anonim
    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.