Profil OSIS SMA 4 KENDARI Masa Bakti 2021 - 2022 Get now!

FRASA

FRASA (FRAKSI SASTRA)
SMAN 4 KENDARI


SEJARAH FRASA
Frasa (Fraksi Sastra) adalah Organisasi dibawah Osis Sekretaris Bidang 8.1 yang merupakan wadah perkumpulan bagi siswa(i) SMAN 4 KENDARI untuk  menyalurkan bakat dan minat, serta mengembangkan dan mempelajari ilmu sastra. Frasa berdiri pada masa bakti osis 2010-2011 hingga sekarang.
 Awal mula terbentuknya Ordibasis Frasa yaitu pada saat itu Sekretaris Bidang 8.1 belum memiliki ordibasis maka Andika Dzulhija selaku Ketua Osis SMAN 4 Kendari masa bakti 2010-2011 mengusulkan untuk membuat ordibasis baru pada sekretaris bidang 8.1. Pada saat itu, Sekretaris Bidang 8.1 pertama yaitu Endah Pratiwi memiliki ide untuk sharing kepada teman-teman pengurus osis dan ketua osdibasis yang ordibasisnya pula baru terbentuk mengenai bagaimana cara membentuk dan mendirikan suatu ordibasis, maka muncullah  ide untuk membuat suatu ordibasis dengan tema sastra. Tetapi, suatu waktu ide tersebut sempat terlupakan. Hingga pada saat pertengahan masa jabatan di Rapat Osis muncullah kembali ide tersebut dengan melihat bahwa Pengurus Osis seperti anggota DPR yang memiliki banyak FRAKSI dengan pemikiran bahwa Sekretaris Bidang 8.1 merupakan Fraksi yang bergerak dalam bidang sastra. Maka muncullah ide untuk menggabungkan kata “FRAKSI” dan “SASTRA” dengan singkatan FRASA yang merupakan salah satu bagian dari ketatabahasaan. Pada saat itu mulai dibentuklah pengurus Ordibasis Frasa dengan Ibu Yanci selaku pembinanya dan terbentuklah suatu divisi yaitu Divisi Karya Tulis Ilmiah. Seiring berjalannya waktu dan diikuti pergantian pengurus Ordibasis Frasa, divisi ordibasis Frasa pun bertambah yaitu divisi puisi, cerpen, drama dan jurnalistik begitu pula dengan jumlah anggota yang kian hari makin bertambah.


Tujuan dibentuk Ordibasis FRASA
1.      Sebagai wadah perkumpulan bagi siswa(i) SMAN 4 Kendari dalam menyalurkan minat dan bakat dalam ilmu sastra.
2.      Menumbuhkan minat baca dan cipta karya sastra  dikalangan siswa(i) SMAN 4 Kendari.
3.      Mewujudkan generasi muda yang Berpreatasi, kreatif, inovatif dan unggul dalam bidang sastra.
4.      Mewujudkan generasi muda yang memiliki karakter cinta tanah air melalui karya sastra.

 Manfaat Ordibasis FRASA SMAN 4 Kendari
Terciptanya sastrawan muda yang memiliki kepedulian tinggi terhadap karya sastra sehingga mampu berkarya dan berkreatifitas untuk menciptakan suatu karya sastra dengan  nilai estetika kebahasaan yang dapat menarik minat baca dan cipta, serta memberikan pengetahuan akan kebudayaan dan meningkatkan keterampilan dalam berbahasa.


Aktivitas rutin ordibasis FRASA:
1.      Pertemuan rutin anggota Frasa 4x/Bulan.
2.      Rabu Sastra
3.      Mengadakan audisi cipta dan baca puisi
4.      Mengadakan audisi drama
5.      Mengikuti lomba-lomba dalam bidang sastra
6.      Mengadakan pembinaan Puisi, Cerpen, Drama, Karya Tulis Ilmiah kepada anggota Frasa guna mempersiapkan perwakilan sekolah untuk mengikuti lomba tk. Kota, prov, dan nasional.
7.      melakukan publikasi karya anggota Frasa bekerja sama dengan sekbid 8.2 dan 9 melalui mading, buletin dan blog SMAN 4 Kendari sebagai wujud pengapresiasi terhadap karya Sastra.
8.      Mengadakan workshop tata cara baca berita dan jurnalistik bekerja sama dengan sekbid 5.2
9.      Mengadakan kunjungan ke perpustakaan daerah bekerja sama dengan sekbid 4.1


Prestasi ordibasis FRASA:
1.      Juara I dan II lomba Karya Tulis Ilmiah Intelligence Development Team Universitas Haluoleo tk. SMA Sederajat Se-Kota Kendari  2016
2.      Juara I Pendidikan Kreatifitas Masyarakat Nasional 2016
3.      Mewakili Sulawesi Tenggara  dalam event Parlemen Remaja yang  2014 & 2015
4.      Juara I Cipta Puisi Nasional 2015
5.      Juara I Lomba Baca Puisi Gerbang Sastra Universitas Haluoleo 2015
6.      Juara II Lomba Baca Puisi Gerbang Sastra Universitas Haluoleo 2014
7.      Juara I  LCT Kebangsaan Kendari Pos 2015
8.      Finalis 40 Besar Penulis Muda Indonesia 2015
9.      Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Battle School HUT M Radio 2015


Ketua FRASA masa bakti 2015-2016         : Anna Febriana (XII BAYA)

Posting Komentar