Profil OSIS SMA 4 KENDARI Masa Bakti 2021 - 2022 Get now!

Puluhan Siswa belajar kemanusiaan lewat "diklat PMR"

Jum'at 17 November 2011
Puluhan siswa SMAN 4 Kendari terlihat dengan semangat dan antusias untuk mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) PMR yang dilaksanakan di desa Sindang Kasih kec. Ranomeeto selama 3 Hari 2 Malam. Mereka harus belajar untuk hidup bersama di dalam tenda, mengikuti arahan panitia, Makan dan Shalat yang teratur dan masih banyak lagi. Kegiatan yang sudah dilakukan 9 tahun berturut - turut ini masih menjadi kegiatan favorit! Meskipun jumlah peserta menurun dari tahun lalu. Namun kegiatan ini diikuti oleh 91 Siswa siswi dari kelas X dan XI



Sebelum berangkat ke perkemahan. mereka harus di mendapatkan perbekalan terlebih dahulu melalui pendidikan dan latihan ruangan selama 3 Hari, Mereka diberikan bekal berupa Kepalang Merahan, Pertolongan Pertama, Pendidikan Remaja Sebaya (PRS), Kesiapsiagaan Bencana, FORPIS dll.
Dan dihari terakhir dibagi menjadi 10 Kelompok !

Di Hari Pertama mereka harus melalui jalan panjang menuju tempat perkemahan sebagai Long March, dan mendapatkan banyak materi baru setelah makan malam, Diklat Lapangan ini adalah tempat evaluasi selama mendapatkan materi diruangan. Selain itu mereka juga mendapat berbagai games- games dari Panitia.

Di hari Selanjutnya, para peserta harus turun ke rumah penduduk setempat dan mencari informasi tentang Penyakit yang sering terjadi, Bencana Alam dan cara penanggulangan penduduk dalam menghadapi bencana yang sering terjadi. dan berbagai pertanyaan lain. setelah itu mereka mempresentasekan hasil wawancara lewat sebuah kertas karton putih kepada peserta lain. ada juga latihan PBB ( Peraturan baris berbaris )
Dan Malamnya, Peserta yang harus bermalam minggu di perkemahan dihibur melalui " Malam Seni " yang akan di isi dengan berbagai penampilan dari peserta dan Panitia,.

Dan Pukul 02.00 pagi mereka harus di bangunkan dan melakukan penjelajahan yang disebut SIAGA 1 untuk membiasakan para peserta akan datangnya bencana yang tiba - tiba. Setelah melakukan Shalat Malam! Para peserta yang telah terbagi dalm sebuah kelompok akan melakukan penjelajahan malam yang menengangkan! Melewati hutan - hutan di tengah malam untuk pertama kalinya menjadikan ini sebagai pengalaman yang mengesankan. dan diakhiri dengan renungan malam.

Besoknya, Setelah Sarapan bubur Kacang ijo dan minum susu buatan panitia, Mereka harus melaksanakan tugas akhir yaitu EVAKUASI ! Kegiatan ini yang paling ditunggu, semua yang telah mereka pelajari akan di aplikasikan di kegiatan ini. Berbekal sebuah Tandu, Air Mineral, Obat - obatan dan Spalak sederhana! para peserta harus masuk ke hutan untuk mengevakuasi korban gempa, semua di setting dalam keadaan yang menyerupai aslinya, Warga yang panik!, Pak lurah serta korban yang terluka.

Pukul 01.00 siang, seluruh peserta dan Panitia pulang ke rumah masing - masing!
Oh iya? Kegiatan ini juga di bantu oleh Kakak - kakak KSR Anoa Melati Kota Kendari !!

Kegiatan ini diharapkan bisa mempererat tali persaudaraan antar siswa, dan melanjutkan ordibasis PMR ke generasi selanjutnya !
Perjuangan para peserta ternyata belum selesai sampai disini, Keanggotaan mereka akan dilantik melalui kegiatan pengukuhan yang masih dalam rencana, Kegiatan ini wajib dan bagi siapapun yang tidak mengikuti kegiatan ini maka perjuangannya dianggap sia-sia atau menunggu pengukuhan gabungan selanjutnya.

Go PMR !!

Posting Komentar