Profil OSIS SMA 4 KENDARI Masa Bakti 2021 - 2022 Get now!

PMR Menghasilkan Relawan Muda (Diklat Lapangan)


Lanjutan dari artikel sebelumnya, kegiatan PMR memasuki kegiatan Diklat Lapangan yang berlangsung selama 3 hari 2 malam. Mulai dari tanggal 21 - 23 September 2012, diklat lapangan diadakan di desa Sindang Kasih, kabupaten Konawe Selatan.
Tujuan dari diadakannya diklat lapangan kali ini adalah untuk praktik apa saja yang diajarkan sewaktu diklat ruangan lalu.

Seperti biasa kegiatan diklat lapangan diawali dengan longmarch dulu yaitu tantangan buat para peserta diklat selama perjalanan menuju ke lokasi perkemahan.



Pemanasan dulu sebelum longmarch
Salah satu tantangan longmarch yang harus dihadapi peserta

Selain kegiatan praktek selama diklat lapangan, para peserta juga diberikan materi oleh kakak-kakak senior PMI untuk lebih memperjelas apa yang harus mereka lakukan selama melakukan simulasi PMR.

Pemberian materi dari kakak senior PMI

Pada hari kedua, para peserta mendapat tugas untuk melakukan kunjungan ke rumah warga sekitar perkemahan untuk melakukan wawancara tentang penyakit dan keluhan.

Kunjungan kerumah warga

Kegiatan dilanjutkan dengan simulasi pertolongan pada korban bencana alam.

Peserta yang berperan sebagai korban bencana alam.
Pertolongan pertama pada korban bencana

Lanjut pada malam terakhir adalah malam yang ditunggu-tunggu oleh para peserta maupun panitia. Malam seni yang ditunggu-tunggu ini dimana para peserta menampilkan yel-yel masing-masing kelompok dan juga menyumbangkan lagu ataupun hiburan lainnya.
Namun, kegiatan dilanjutkan tengah malam yaitu uji mental kepada para peserta dan juga perenungan.

Penampilan yel-yel
Perenungan

Hari ketiga adalah hari terakhir di perkemahab sekaligus kegiatan evakuasi yang merupakan puncak kegiatan diklat lapangan. Evakuasi merupakan simulasi bagi para peserta PMR SMAN 4 Kendari dalam menolong korban bencana. Mereka juga dihadapi tantangan dari setiap posko. Kegiatan evakuasi ini bertujuan untuk melatih para peserta untu menjadi relawan muda yang tanggap dan profesional.

Persiapan sebelum evakuasi
Kegiatan evakuasi

Setelah kegiatan evakuasi, para peserta membersihkan diri dan bersiap untuk kembali kerumah masing-masing. Dengan berakhirnya kegiatan diklat lapangan PMR ini, semoga ilmu yang mereka dapatkan selama kegiatan ini dapat berguna untuk masa depan mereka dan orang lain.


Para panitia PMR

Posting Komentar